Breaking News
recent

Khasiat dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan



Tomat merupakan salah satu buah yang umum dikonsumsi sebagian besar orang. tomat dapat dikonsumsi dengan berbagai macam olahan, ada yang diolah dijadikan sayur, dibuat jus, salad, atau dimakan langsung. Buah yang memiliki nama ilmiah Lycopersicum ini mengandung unsur-unsur yang sangat baik untuk kesehatan. 


Unsur kimia yang terkandung dalam buah tomat diantaranya, asam malik, asam sitrat, adenine, trigonelline, choline, kalsium, fosfor, besi, klorin, karoten vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. sedangkan daunya mengandung alkaloid, amygdalin, arbutin dan peptin. Secara umum buah ini memiliki rasa manis, masam dan sejuk. Dan memiliki efek farmakologis antiseptic usus, antipiretik, penawr racun, penghilang rasa haus, melancarkan aliran empedu dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat diobati dengan buah tomat ini

1.       Jerawat
Cuci bersih satu buah tomat masak ukuran sedang, lalu jus. Tambahkan alcohol 70% sebanyak 100ml ke dalam jus, lalu aduk rata. Gunakan ramuan untuk menggosok muka yang berjerawat.

2.       Demam
Cuci bersih tiga buah tomat masak, lalu iris tipis-tipis. Tambahkan ½ cangkir air matang. Lalu lumatkan hingga halus. Peras tomat yang telah lumat, lalu saring. Minum air saringanya sekaligus. Ramuan ini bisa ditambahkan 1 sendok madu, kecuali bagi penderita kencing manis.

3.       Radang usus buntu dan Sakit Kuning/lever
Buat jus tomat secukupnya. Minum jus tomat sehari 3 kali, masing-masing 1 cangkir. Lakukan secara rutin.

4.       Kekurangan Gula darah
Minum jus tomat segar secara rutin.

5.       Hipertensi
Cuci bersih buah tomat segar atau 2 buah. Makan pada waktu pagi hari saat perut masih kosong.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.