Breaking News
recent

5 Kuliner Yang Wajib di Coba Jika Anda Liburan di Yogyakarta



Kalau kita liburan kemanapun, tujuanya selain tempat wisata adalah kuliner. Menikmati objek wisata tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati kulinernya juga. Berikut ini akan kami ulas beberapa makanan yang paling ngetrend dan khas, sehingga beberapa makanan ini patut dan wajib dicoba jika berkunjung ke Yogyakarta

Sate Klathak

Sate klathak ini merupakan  jenis sate yang berbeda dengan sate biasanya. Jika biasanya daging kambing ini ditusuk dengan kayu atau bambu, kalau sate klathak ini menggunakan jeruji besi. Tidak hanya itu perbedaanya, penyajianya pun juga berbeda. Kalau sate pada umumnya dipadu dengan kecap atau sambel kacang maka kalau sate klatak disajikan dengan kuah gule. Dan masih banyak lagi perbedaanya, oleh karena itu jika anda berkunjung ke Jogjakarta maka anda wajib mencicipi kuliner ini.
Sate klathak ini paling banyak ditemukan di Jln. Imogiri Timur. Kalau menurut saya yang paling recommended di area pasar pleret (wonokromo) buka mulai habis magrib sampai habis, yang buka mulai pagi sebagai pilihan ya sate klathak Pak Pong atau Sate Klathak Mak Adi (lokasinya sekitar pom bensin jlan imogiri timur yaaa.


Gudeg

Gudeg memang yang selama ini menjadi makanan khas untuk kota Jogjakarta dan tentunya sudah banyak orang yang sudah mengagendakan untuk kuliner ini. Cita rasa yang manis tentunya tidak semua orang menyukainya. Namun, jenis kuliner memang masih menjadi primadona untuk para wisatawan local ataupun asing.
Pusat gudeg di daerah Wijilan, (daerah alun-alun selatan). Bagi saya yang tidak suka terlalu manis pilihanya ya Gudeg Yu Djum (sudah buka banyak cabang) atau Gudeg Ceker Seturan (lokasinya depan SD Budi Mulia Seturan) 

Soto

Soto merupakan makanan yang terdengar umum dan biasa saja, namun makanan ini masih menjadi menu favorit baik wisatawan maupun warga Yogyakarta. Kuliner ini cocok untuk buat sarapan, makan siang, ataupun makan malam, ini yang menyebabkan soto masih menjadi primadona dan wajib anda masukkan kedalam daftar kuliner anda jika berkunjung ke Jogjakarta.
Soto yang paling terkenal ada Soto Pak Sholeh (banyak cabang), Soto Mustofa (200M utara terminal Jombor), Soto Pak Marto (banyak cabang), Soto Pak Ngadiran (Deresan).

Tongseng

Kuliner ini tentu tidak asing kedengaranya untuk orang yang tinggal di Jogjakarta dan sekitarnya, namun bagi para pendatang seperti saya, jenis kuliner ini terdengar asing karena baru kali ini saya mendengar istilah Tongseng. Makanan ini hamper sejenis dengan gule, yang membedakanya adalah pemilihan jenis dagingya saja dan memiliki rasa yang lebih tajam serta disajikan hangat-hangat. Semua Warung Sate di Jogjakarta menyediakan menu ini. Maka dari itu kuliner ini juga patut menjadi pilihan jika anda berlibur di Jogjakarta

Angkringan 

Jika anda ingin menikmati hidangan yang sederhana, prasmanan, santai dengan ciri khas yang berbeda dengan warung biasanya, maka jawabanya adalah Angkringan. Nah, angkringan adalah jenis warung makan yang penyajianya khas dan dengan menu sederhana ada nasi kucing (nasi dibungkus kecil dengan lauk sambal teri), sate usus, kopi joss (kopi yang dikasih arang yang menyala), sate keong, gorengan, dan banyak camilan.
Harganya pun terjangkau 1 bungkus nasi kucing harganya 1500 rupiah, dan semua makanan di sajikan dengan prasmanan (ambil sendiri). Di angkringan pula biasanya digunakan untuk ngobrol – ngobrol santai dan banyak hal yang akan anda rasakan jika anda berkuliner di angkringan.
Angkringan ini sangat mudah anda temukan di daerah kota Jogjakarta, bentuknya 1 gerobak, kemudian  dikasih penutup terpal, dan di gerobaknya ada beberapa Ceret (wadah air) dan tumpukan nasi, gorengan, dll.
Pusat angkringan di area Tugu Jogjakarta, Area Kali Code Jembatan Gondolayu.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.