Breaking News
recent

La Palma, Sebuah Tempat Terbaik Dunia untuk Melihat Bintang dan Fenomena Alam di Langit



Keindahan dan kemegahan alam semesta dan seisinya dapat menjadi sarana kita untuk lebih mensyukuri nikmat tuhan yang tak ternilai dengan apapun. Tumbuh-tumbuhan yang hijau, gunung yang menjulang tinggi, kemilau lautan yang indah, serta makhluk ciptaan yang bermacam-macam dan beraneka ragam. 

Setiap orang memiliki cara dan metode sendiri-sendiri untuk menikmati  keindahan tersebut, bisa melalui buku-buku bacaan, bisa dengan penelitian, atau menikmati secara langsung dengan indera kita. Salah satunya adalah melihat keindahan gemerlap bintang dan beberapa fenomena alam yang terjadi di langit akan jauh lebih indah apabila dinikmati secara kasat mata 

La Palma di Kepulauan Canary mungkin adalah tempat terbaik di dunia untuk melihat bintang-bintang - dan fenomena alam menakjubkan lainnya.  Saat matahari mencelupkan lebih rendah dan lebih rendah dan hilang di pegunungan Canary. Terlihat di kejauhan orang-orang yang bermantel tebal berada di sisi-sisi terjal gunung berapi raksasa Spanyol dan tidak berlebihan ketika menyebut La Palma sebagai tempat terbaik di bumi untuk melihat bintang-bintang.            
                                           
Sangat istimewa karena posisinya berada 100km dilepas pantai Afrika Utara yang dekat dengan garis khatulistiwa, sehingg anda dapat melihat bintang dari dari dua belahan dunia utara dan selatan, serta kondisi cuaca yang sangat tenang yang jarang ditemukan di daerah tropis.

Kedua, kondisi disini sangat gelap. Sehingga sepanjang malam memiliki memiliki pencahayaan yang baik untuk melihat gemerlap bintang-bintang.



 Ketiga, dan yang paling penting adalah angin. Angin disini diciptakan oleh sistem tekanan tinggi dari dataran Azores. Dengan kecepatan angin yang rendah menciptakan suasana di mana bintang-bintang dapat terlihat dengan jelas dari bumi, baik melalui teleskop dan dengan mata telanjang. 
 


Pada tahun 2012, La Palma menjadi tempat pertama untuk melihat keindahan bintang dan fenomena alam lain yang ada di langit yang diakui dunia melalui Unesco. La Palma juga sering disebut sebagai “Starlight Reserve”. Di pulau ini menjadi salah satu rumah observatorium yang paling penting di bumi yang terdapat 16 teleskop besar dan termasuk salah satu yang terbesar di dunia.

Sebelum tahun 2013, tempat ini masih tertutup untuk umum. Hanya segelintir orang saja yang dapat masuk ke kawasan ini terutama orang yang melakukan observasi dan penelitian. Namun, karena banyaknya permintaan wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan itu, akhirnya pemerintah membuka kawasan ini dan infrastruktur yang ada diperbaiki. 

Keunikan lain dari tempat ini adalah keajaiban air terjun awan. Awan yang terbentu dari sisi timur punggung bukit surai mengalir seperti air terjun besar dan berbulu yang jatuh ke bumi menciptakan keanehan yang sangat indah untuk dinikmati. Tanah di pulau ini sangat subur, sebelum sampai ditempat observatorium disepanjang perjalanan dapat menikmati perkebunan sayur dan buah-buahan.


Memasuki basis utama observatorium, terdapat bangunan kecil yang menyediakan beberapa fasilitas untuk peneliti, mulai dari makanan, minuman sampai tempat istirahat. Disini anda tidak sekedar bisa melihat peralatan penelitian, namun bisa menyentuhnya bahkan bisa terlibat ikut observasi secvara langsung.

"Di sini, sebuah kebahagiaan tersendiri ketika melihat Bima Sakti di atas Anda, dan itu alasan saya mengapa menjadi seorang astronom," tutur seseorang yang sedang sibuk dengan teleskopnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.