Breaking News
recent

Lima Menit Yang Dapat Membuat Badan Anda Lebih Sehat



Semua orang pasti memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu. Kebiasaan tersebut ada yang baik dan ada juga yang kurang baik. Terkadang kebiasaan yang kurang positif ini dapat mengganggu kehidupan seseorang bahkan dapat merugikan diri mereka sendiri. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang berusaha keras untuk mengurangi atau menghilangkan kebiasaan tersebut. 

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan setiap hari ini yang hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk dapat melihat perubahan yang luar biasa pada kehidupan Anda secara keseluruhan.
1.       Bangun pagi tepat waktu

Hal ini akan berpengaruh pada otak anda. Apakah anda bangun dengan alarm atau bangun alami secara terus menerus selama seminggu, maka otomatis otak anda akan merekam kemudian akan membangunkan anda pada waktu yang sama. Hal ini nantinya akan menjadi kebiasaan baik bagi anda.

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini Spanyol, tidur kurang dari enam jam atau lebih dari delapan jam dapat meningkatkan risiko penurunan kognitif otak anda sebesar 2,6 %.



2.       Minum secangkir kopi

Ini akan meningkatkan fungsi seksual anda. Sebuah studi baru dari University of Texas Health Science Center di Houston menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi 85-170mg kafein per hari adalah 42% lebih besar kemungkinanya ejakulasi dini daripada mereka yang tidak. Secangkir kopi memiliki kandungan sekitar 95 mg. Namun, jika anda mengkonsumsi lebih dari dua cangkir atau lebih dari 171mg maka efeknya akan kurang bagus untuk kesehatan anda

Ketika mengkonsumsi kopi sesuai dengan takaran yang tepat maka manfaat lain yang didapatkan adalah memperbaiki dan mengoptimalkan fungsi hati.



3.       Jalan – jalan di waktu pagi

Ini akan bermanfaat untuk mengurangi gen obesitas. Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE menemukan bahwa mendapatkan pancaran sinar matahari langsung antara pukul 08:00 hingga tengah hari dapat mengurangi risiko kenaikan berat badan terlepas dari tingkat aktivitas, asupan kalori, atau bahkan usia. Para peneliti percaya bahwa sinar matahari mensinkronisasikan metabolisme dan memotong gen lemak penyimpanan Anda.



4.       Olahraga yang Memacu Adrenalin
Kegiatan ini dapat membakar kalori pada tubuh anda. Bahkan olahraga singkat pada pagi hari sebelum sarapan dapat membakar kalori jauh lebih efisien daripada olahraga pada siang atau sore hari. Beberapa ahli kesehatan sepakat bahwa olahraga pada saat perut kosong lebih efektif untuk membakar kalori tubuh anda.

Manfaat lain yang didapatkan diantaranya memperlancar peredaran darah, dapat merefleksi saraf-saraf otak, terhindar dari obesitas, meningkatkan konsentrasi otak, menjaga produktifitas dan lain sebagainya.


 5.       Makan Segenggam biji-bijian

Berfungsi melancarkan dan memperbaiki pencernaan anda. Memakan biji-bijian dipagi hari akan membantu melancarkan dan memperbaiki pencernaan anda. Selain itu, sering juga mendengar nama flaxseed yang dikenal sebagai salah satu sumber lamk omega 3 yang kaya akan serat dan antioksidan.

Pada akhir-akhir ini terdapat jenis biji-bijian baru yang dipromosikan sebagai superfood. di sebut suuperfood karena memiliki kandungan berlipat-lipat jika disbanding biji-bijian biasa. Mungkin selama ini Anda sering kenal nama flaxseed, yang dikenal sebagi salah satu sumber lemak omega-3 yang kaya dengan serat dan antioksidan... nah sekarang ada biji-bijian yang dipromosikan sebagai superfood baru, yang  beberapa lipat kali lebih "sakti" dari Felxseed, ia adalah Chia seed.

Chia seed ini mengandung banyak serat, protein dan antioksidan. Chia seed juga mempunyai lebih banyak kadar lemak sehat. Chia seed berasal dari Amerika Latin. Manfaatnya antara lain dapat menjaga kondisi jantung tetap sehat, mendukung pergerakan sendi, mempelancar metabolisme, juga bebas Gluten!   


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.