Breaking News
recent

Keindahan Wisata Mangrove di Ujung Selatan Pulau Jawa




Jawa merupakan pulau yang memiliki potensi luar biasa dalam hal wisata. Salah satunya potensi wisata pantai selatan yang berderet dan menyajikan keindahan yang sangat luar biasa. Saya akan mengenalkan tempat wisata di ujung selatan pulau Jawa ini. Tempat ini dibuka resmi sebagai tempat wisata sekitar awal 2010. Letaknya di Desa Sumber Asri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi dan diberi nama “wisata mangrove BEDUL”.

Tempat ini patut menjadi destinasi para wisatawan, pelancong, bagpacker lokal maupun mancanegara. Pasalnya disini memiliki area yang luas, kondisi kanan kiri jalan dikelilingi hutan hujan tropis yang ditanami beberapa jenis tanaman yang memiliki unsur kearifan lokal seperti pohon jati, mahoni, dll. Kemudian masuk kawasan  area wisata sekitar 3-4 KM.

Dan setelah masuk area wisata hutan mangrove, disitu melewati jembatan kayu dengan lebar sekitar 2 M dan panjang nya sekitar 300 M sampai ke tempat penyebarangan. Di pelabuhan penyebrangan ini sudah tersedia perahu-perahu yang di desain khusus untuk penyebrangan dan menyusuri kawasan hutan magrove. Perahu ini sering disebut dengan perahu kembar, karena ada 2 perahu yang digandeng dan diatasnya didesain untuk tempat duduk penumpang.  Satu perahu ini memuat sekitar 20-an orang.
Perahu ini nantinya akan menyebrangkan pengunjung yang ingin ke pantai selatan. Kenapa harus menyebrang? Karena untuk menuju ke pantai harus melewati pecahan dari laut dan hutan, warga sekitar menyebutnya segoro anakan (anakan laut) kurang lebih lebar nya 200-an meter. 

Bagi yang ingin pilihan wisata lain selain menuju pantai, ada juga pilihan paket lain diantaranya, menyusuri kawasan hutan bakau, melihat ke penangkaran penyu, ataupun menuju kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Selain itu, anda juga dapat belajar tentang penanaman hutan bakau.

Bagi yang memilih untuk menuju pantai, setelah perahu bersandar, disitu anda memasuki kawasan hutan tropis yang masih alami, kemudian berjalan melalui jalan setapak sekitar 300 M. Di kawasan hutan ini masih banyak binatang - binatang primata seperti Kera, Babi hutan, Rusa, dan lain sebagainya.

Setelah sampai di pantai, baru anda dapat memanjakan mata anda dengan keindahan panorama laut dengan  dataran pantai yang memanjang, pada sore hari anda sekaligus bisa menyaksikan matahari tenggelam atau sunrise.
Selamat datang di Wisata Mangrove Bedul Banyuwang, semoga wisata anda menyenangkan.






Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.