Breaking News
recent

Awas, Tujuh Tempat ini Dapat Mengancam Kartu Debit Anda


Pada zaman yang serba instan dan cepat ini berefek pada kehidupan dan prilaku seseorang. Setiap orang menginginkan semua hal dengan cepat,  salah satunya pada saat berbelanja. Sehingga kemudahan-kemudahan itu menjadi pemicu seseorang lebih konsumtif. Menggunakan kartu kredit untuk memperoleh kemudahan dan pelayanan dengan cepat. Akan tetapi, penggunaan kartu kredit dinilai dapat menghabiskan uang lebih banyak. Kemudin sebagian orang memilih menggunakan kartu debit, dengan tujuan dapat mengontrol pengeluaran dan utang.

Faktanya, penggunaan kartu debit memang dapat memberikan kemudahan dan dapat mengontrol pengeluaran keuangan. Akan tetapi penggunanya terkadang kurang begitu diperhatikan oleh penggunanya sehingga dapat memicu tindakan kriminalitas. Jadi anda harus berhati-hati dalam menggunakan kartu debit anda agar uang dalam rekening anda tetap aman.

Berikut ini delapan tempat yang paling berbahaya dalam menggunakan kartu debit anda. 

1.     Online
Kesempatan mencuri data informasi kartu akan lebih besar jika anda melakukan pembelian secara online. Para pencuri dunia maya ini biasanya dengan mudah memasukkan virus pada computer anda kemudian mencari informasi terkait transaksi dan kartu anda.
Apabila si pencuri sudah mendapatkan semua informasi tentang kartu anda, maka mereka dapat dengan mudah mengambil uang anda dengan cara cash atau digunakan untuk bertransaksi.

2.     Hotel
Hotel juga termasuk daerah yang rawan untuk tindakan criminal pencurian. Biasanya ketika seorang tamu ingin akan check out pasti menanyakan tagihannya dengan memeriksakan kartu debitnya apakah cukup atau tidak untuk pembayaran. Pada saat tersebut segala kemungkinan bisa terjadi dengan cara menempatkan jumlah tagihan diatas rata-rata kamar yang disewa. 

3.     Restoran
Restoran, seperti hotel, dapat menaikkan tagihan lebih tinggi dari tagihan Anda yang sebenarnya dengan asumsi bahwa Anda akan meninggalkan tip. Dengan demikian semua orang harap berhati-hati dan mengecek secara teliti apabila melakukan pembayaran menggunakan kartu debit.  Tipsnya lakukan pembayaran secara cash/tunai .

4.     Pom Bensin
Ketika Anda menggesek kartu debet Anda di SPBU, Anda otorisasi pompa bensin untuk menarik uang dari tabungan Anda, tetapi tidak dengan jumlah tertentu karena kewenangan itu terjadi sebelum Anda benar-benar mengisi tangki Anda.

SPBU juga merupakan target untuk penjahat yang menginstal perangkat pada pompa untuk menangkap informasi debit dan kartu kredit konsumen pada saat menggesek kartu mereka. Proses tersebut  lebih dikenal dengan istilah skimming. Mereka bahkan memasang kamera mini untuk melihat PIN Anda seperti yang Anda masukkan. Kemudian mereka dapat membuat kartu debit palsu untuk menguras rekening Anda. 

5.     ATM di lokasi non-bank
Insiden kartu dan PIN skimming di ATM non-bank biasanya  terletak di toko-toko, hotel, restoran atau kafe.  ATM ini biasanya tidak dimonitor dengan baik dan pemilik dari instansi tersebuta biasanya tidak dilatih untuk menemukan gangguan. Jadi yang solusi terbaik untuk menghindari penggunaan kartu debet Anda untuk menarik uang tunai yaitu di ATM yang berlokasi di kantor cabang bank.

6.     Sewa Properti Liburan
Ada banyak penipuan yang berkedok persewaan properti liburan. Mereka mencari wisatawan dan menawarkan jasa sewa properti kemudian memberikan list atau daftar tagihan palsu. Beberapa lembaga penjamin konsumen menyarankan untuk penggunaan kartu kredit jika ingin memesan properti tersebut dengan alasan keamanan dan perlindungan dari kartu kredit.

7.     Biaya Tagihan Berulang
Saat ini sudah banyak layanan atau aplikasi untuk membantu dalam transaksi anda. seperti pembayaran langganan Koran, majalah, listrik dan lain sebagainya. Hal ini memang terlihat memudahkan, tapi apabila kita tidak berhati-hati dalam memilih layanan kita dapat tertipu. Semua hal tersebut untuk mengingatkan kepada semua orang untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan kartu apapun untuk bertransaksi. Anda juga harus memeriksa secara rutin siklus saldo tabungan anda guna meminimalisir segala macam bentuk penipuan atau pencurian.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.