Breaking News
recent

Beluntas, Tanaman Pagar Yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan



Beluntas pada jaman dahulu banyak ditemukan di area sekitar rumah.  Beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut. Tumbuhan pada umumnya ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuh liar. Beluntas dapat tumbuh di daerah kering pada tanah yang keras dan berbatu, pada daerah dataran rendah hingga dataran tinggi pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut dan memerlukan cukup cahaya matahari.



Tanaman ini memiliki rasa getir dan bau yang khas. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam beluntas di antaranya alkaloid, minyak atsiri, kalsium, flafonoida, magnesium, dan fosfor. Beluntas ini memiliki efek farmakologis menambah nafsu makan dan membantu pencernaan.

Seluruh bagian tumbuhan, baik segar maupun kering dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit dan beberapa masalah kesehatan lainya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan resep beluntas untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

1.      Penurun Panas

Cuci bersih 10 g daun beluntas segar lalu rebus atau seduh seperti minum teh. Lakukan secara rutin 1 gelas sehari. Ramuan dapat digunakan sebagai peluruh keringat.

2.      Menghilangkan Bau Badan

Cuci bersih 10 – 15 helai daun beluntas lalu makan sebagai lalap. Lakukan secara rutin 3 kali sehari.

3.      Rematik Dan Nyeri Persendian

Rebus 15 g akar beluntas dengantiga gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring  dan minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

4.      Gangguan Pencernaan

cuci bersih 3-5 helai daun beluntas, remas-remas, campur dengan bubur saring atau nasi tim, aduk, lalu makan. Lakukan setiap kali makan. Cara lainya, peras 10 helai daun, tambahkan 1 sendok makan madu, lalu aduk rata. Campurkan ramuan ini pada nasi tim atau bubur saring untuk diberikan setiap

1 komentar:

  1. Bagi yang kesulitan mendapatkan tanaman beluntas, silahkan sms 08222-0833-479 menyediakan tanaman beluntas, daun beluntas basah, daun beluntas kering, dan tanaman obat lainya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.