Breaking News
recent

Lima Manfaat Seledri Bagi Kesehatan

Seledri pada umumnya digunakan sebagai tambahan penyedap untuk beberapa masakan berkuah karena aromanya yang begitu khas. Seledri juga sering dijadikan hiasan untuk mempercantik tampilan masakan saat penyajiannya. Sayuran ini sudah menjadi sahabat bagi ibu rumah tangga. Seledri banyak dijumpai pada saat kita berbelanja dipasar atau di pedagang sayur keliling.



Seledri memiliki nama ilmiah Apium Graviolens L. Tanaman ini bersifat hioptensif, pedas dan sejuk dan memiliki khasiat antirematik, peluruh haid, penurun hipertensi dan lain-lain. Berdasarkan hasil penelitian di Jerman dan Cina selama tahun 1970 hingg 1980 menunjukkan bahwa minyak terbang dalam seledri mempunyai efek yang lembut pada sistem saraf pusat dan berfungsi sebagai penurun tekanan darah.

Selain hal tersebut, unsur yang terkandung dalam tanaman seledri juga terbukti bermanfaat untuk kesehatan. Sehingga tidak ada ruginya bagi kita untuk mengkonsumsinya untuk menjaga kesehatan kita. berikut ini beberapa manfaat seledri bagi kesehatan.

1.     Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Ambil seledri secukupnya, cuci hingga bersih kemudian potong ukuran kecil-kecil. Rebus seledri dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa ¾ gelas. Dinginkan lalu saring ramuan. Minum ramuan ini 2 kali sehari. Masing-masing separuhnya. Bisa juga dimakan sebagai lalapan.

2.     Menurunkan Asam Urat
Tambahkan 25 g biji seledri ke dalam bahan makanan. Makan setiap hari dengan dosis yang sama. Cara lain yaitu 2 sendok makan biji seledri direbus dengan 2 liter air selama 3 jam dengan api kecil. Minum ramuan ini 3 kali seharai masing-masing 1 cangkir.

3.     Mengobati Asma dan Bronkitis
Cuci bersih 37 lembar daun seledri lalu tambahkan  2 gelas air. Rebus hingga airnya tersisa 1 gelas. Saring dan dinginkan ramuan ini, kemudian minum sekaligus 1 kali sehari 

4.     Menjaga Fungsi Ginjal
Ambil seikat daun saledri kemudian cuci hingga bersih. Potong ukuran kecil seledri kemudian masukan ke dalam panci. Rebus selama sepuluh menit dan didinginkan. Anda bisa mengkonsumsinya satu gelas setiap hari dan akan membantu anda untuk mengurangi racun yang menumpuk dan keluar di dalam air seni.

5.     Mencegah Kanker
Studi terbaru menunjukkan bahwa seledri juga efektif dalam memerangi kanker. Seledri diketahui mengandung setidaknya delapan keluarga senyawa anti kanker. Diantaranya adalah acetylenics yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan sel tumor. Asam fenolat yang menghalangi aksi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel tumor. Dan kumarin yang membantu mencegah radikal bebas dari sel-sel yang merusak. Selain itu kandungan mineral yang terdapat di dalam seledri juga mampu menyeimbangkan pH di dalam tubuh dan menetralkan keasaaman. Kandungan kumarin fitokimia yang terdapat di dalam seledri mampu  mencegah pembentukan dan perkembangan kanker usus dan perut. Penggunaanya dengan cara ambil seledri secukupnya kemudian campurkan ke dalam jus. Konsumsi 1 kali sehari

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.