Breaking News
recent

Menikmati Pedasnya Nasi Tempong Khas Banyuwangi



Liburan ke manapun jika tidak menikmati ragam kulinernya terasa ada yang kurang. Di banyuwangi  mencari nasi tempong tidaklah sulit. Masyarakat banyuwangi lebih akrab dengan sebutan sego tempong. Selain rujak soto, makanan ini juga menjadi makanan khas dari kota ujung timur pulau jawa ini. 


Sego tempong merupakan kuliner primadona bagi wisatawan yang hobi pedas, karena sego tempong ini identik dengan rasa pedas. sego yang berarti nasi dan tempong merupakan bahasa lokal (osing) yang berarti tampar. Maksudnya rasa pedasnya seolah-olah seperti menampar. Harga sego tempong relatif murah, 1 porsi sekitar Rp 12.000 – Rp. 15.000 saja.

Dalam satu porsi sego tempong sudah komplit nasi putih, tempe, tahu, perkedel jagung, hingga ikan asin dan ditambah aneka sayuran rebus. Semakin komplit ditambah dengan sambal mentah yang memiliki rasa khas. Sambal yang terdapat dalam nasi tempong memiliki resep tersendiri. Racikan untuk membuat sambalnya adalah cabe rawit, tomat ranti (tomat berukuran mini dengan tekstur permukaan bergelombang), gula pasir, terasi, garam dan tidak lupa air jeruk limau.



Nasi tempong biasanya disajikan hangat, Biasanya penjual juga menyediakan lauk opsional yang bisa ditambah, seperti telur dadar, cumi asin, ayam goreng, ikan laut, hingga rempeyek alias iwak peyek. Salah satu warung nasi tempong yang ternama adalah warung Mbok Tik di Jalan MT Haryono, depan radio VIS FM, Banyuwangi. Warung Mbok Tik selalu laris, bahkan hampir tak pernah sepi. Setiap malam, warung ramai oleh para pembeli, sebagian besar masyarakat Banyuwangi, sebagian lagi adalah para wistawan yang ingin mencicipi kuliner khas Banyuwangi.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat. pada awalnya sego tempong ini adalah makanan yang dibawa untuk perbekalan ketika pergi ke ladang atau sawah. Namun, saat ini menu sego tempong sudah banyak ditemukan di hotel-hotel berbintang di wilayah Banyuwangi. Jika anda berlibur ke Banyuwangi tidak ada salahnya mencoba sensasi kepedasan sego tempong dan merasakan tamparan dari sambelnya. 
Selamat Mencoba !!!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.