Breaking News
recent

Tips Cerdas dalam Memilih Buah Impor



Mengkonsumsi buah-buahan merupakan satu bentuk penerapan pola hidup sehat. Ada dua jenis buah yakni buah lokal dan buah impor. Meski buah impor terlihat lebih segar akan tetapi buah kiriman dari luar negeri ini ditengarai mengandung bahan pengawet yang dapat membahayakan kesehatan. Buah impor masih menjadi salah satu pilihan sebab fisiknya yang lebih menarik dan harganya cenderung lebih murah. Pada akhir-akhir ini, isu adanya bahan-bahan berbahaya dalam buah-buahan impor menimbulkan rasa was-was dalam masyarakat. 


Jaminan buah impor telah diatur tersendiri dalam permendag 16/2013. Dengan begitu, semua produk buah impor yang masuk ke Indonesia seharusnya aman untuk dikonsumsi. Salah satu bahan kimia yang pernah ditemukan adalah penggunaan formalin untuk proses pengawetan. Dengan demikian kita perlu berhati-hati dalam membeli buah-buahan impor. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu anda perhatikan jika anda ingin membeli atau mengkonsumsi buah-buahan impor.

Pertama, perhatikan penampilan secara fisik. Bekas pestisida biasanya terlihat dalam bentuk bubukan putih yang tidak lazim.

Kedua, perhatikan waktu pembelian. Buah-buahan impor biasanya diproduksi antara September hingga Januari. Sehingga jika buah-buahan yang masuk sebelum bulan tersebut bisa dipastikan buah tersebut produksi tahun sebelumnya atau produksi lama.

Ketiga, Perhatikan buah pada saat pertama dibuka. Jika didalamnya terdapat bekas coklat-cokelat atau ada penampilan yang tidak lazim, disarankan untuk tidak dimakan

Keempat, Perhatikan rasa buah. Pada buah-buahan yang telah lama disimpan, kadar gula dan asam sudah banyak berkurang.

Kelima, untuk buah-buahan yang dikupas kulitnya, disarankan dicuci sampai bersih sebelum dikupas. Hal ini untuk menjaga buah dari bakteri dan zat tambahan seperti paraffin.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.